• Home
  • Sumut
  • Bupati Paluta buka Konsultasi publik Ranwal RKPD Tahun 2020
Kamis, 7 Februari 2019 | 00:08:32

Bupati Paluta buka Konsultasi publik Ranwal RKPD Tahun 2020

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Bupati Paluta buka Konsultasi publik Ranwal RKPD Tahun 2020

aktualonline.com.PALUTA||| Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kabupaten padang lawas utara (Paluta)  Gelar Forum Konsultasi Publik Pembahasan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Ranwal (RKPD) Tahun 2020.

Dalam acara yang dihadiri para undangan Bappeda yaitu Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD Pemkab Paluta, DPRD, Camat dan Lurah di Lingkungan Pemkab Paluta dan sejumlah kelompok masyarakat untuk memberikan saran dan pendapat terhadap Rancangan awal RKPD 2020. Acara berlangsung di Aula Kantor BAPPEDA  Pemkab Paluta. Rabu (6/2/2019) dan menghadirkan narasumber dari Tingkat Propinsi Prof Dr Syahril Harahap MA., Peneliti senior pada Pusat pembangunan dan Kebijakan Ekonomi (PPKE) Universitas Sumatera utara.

Bupati Kabupaten Paluta  Andar Amin Harahap dalam Sambutan Pembukaanya mengatakan Rancangan Awal RKPD perlu dibahas bersama dengan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh saran dan masukan guna penyempurnaan dan percepatan dalam Pembangunan memajukan kabupaten paluta yang merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD. Sebelum dilaksanakan forum SKPD Kabupaten yang menjadi tanggung jawab bersama,” jelas bupati.

Ditegaskannya, Forum Konsultasi Publik ini digelar untuk menjaring aspirasi dari para pemangku kepentingan pada tahap awal. Dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan di tahun 2020.

“Dalam upaya memberikan panduan yang jelas dan terarah dalam penyusunan dokumen RKPD Tahun 2020, Pemkab Paluta yang telah menyusun dokumen Ranwal RKPD Tahun 2020. Yang mana akan kita sosialisasikan dan kita bahas pada acara ini,” terangnya.

Konsultasi Publik Pembahasan Ranwal RKPD Kabupaten paluta Tahun 2020  Bupati Andar Amin. Dalam sambutannya,menandaskan bahwa dokumen Ranwal RKPD yang dimusyawarahkan dalam merupakan bentuk penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten paluta Periode 2019-2024. Yang di dalamnya memuat penjabaran dari visi dan misi Kepala Daerah yang harus dicapai dalam kurun waktu lima tahun.

Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, khususnya dalam rangka memenuhi Permendagri No.86 Tahun 2017 Pasal 80 ayat (1) mengamanahkan bahwa dokumen Ranwal RKPD harus dimusyawarahkan bersama forum, yang disebut konsultasi publik. Dengan melibatkan stakeholders atau pemangku kepentingan.tutup bupati.

Sementara Kepala dinas BAPPEDA Paluta Tk Palit Hasibuan melalui forum musyawarah ini mengatakan Pemerintah kabupaten paluta  Mengharapkan kedepannya masyarakat akan mengetahui dan ikut memikirkan tentang bagaimana kondisi keuangan daerah, apa prioritas pembangunan daerah, serta program kegiatan apa yang akan menjadi prioritas di tahun 2020, yang merupakan pemantapan dalam kemajuan 5 tahun Kedepan perencanaan pembangunan,” katanya.

Lanjut kadis kesempatan ini  juga menyampaikan bahwa seharusnya tahun 2020 merupakan tahun pemantapan kinerja Bupati dan Wakil Bupati Periode 2019-2024. Karena tahun 2024 merupakan tahun akhir pencapaian visi misi.

“Sebagaimana tertuang dalam arah kebijakan RPJMD Kabupaten  Paluta 2019-2024,  yang unggul dan melayani terdapat empat sasaran RJPMD yang menjadi pokus tahun pemantapan pembangunan 2020, yaitu," Pertumbuhan Ekonomi 5,54%-6,54%,.Tingkat Kemiskinan 9,60%. Tingkat pengangguran terbuka 2,605 Sementara JPM 72,06%  dengan Merujuk sasaran tersebut maka tema pembangunan untuk RKPD Kabupaten Paluta Tahun 2020 adalah ‘(Memajukan Paluta Kewajiban Kolektif kita) Tema tersebut dijabarkan menjadi Delapan prioritas pembangunan yakni,"Tentukan Arus utama dalam pembangunan, Menerapkan perinsif ekonomi kerakyatan berbasis sumber daya alam, Meningkatkan kwalitas pendidikan,Genjot ekonomi kreatif untuk mendongkrak kesejahteraan rakyat, Bangun desa bermartabat,Meningkatkan Prawisata, Pengelolaan Sumber daya alam Serta Percanggih publikasi pembangunan Padang lawas utara. Yang menjadi tanggung jawab kolektif kita bersama dalam penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemenuhan dan peningkatan kualitas infrastruktur dasar, peningkatan daya saing ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha mikro, industri kecil serta koperasi yang berbasis pertanian dan pariwisata 2019-2024” ujar kadis.

Tk Palit Hasibuan juga menyampaikan Dalam program yang mendukung capaian prioritas pembangunanlah yang akan didukung dengan sumber dana manusia yang cukup, agar pembangunan Kabupaten Paluta dapat lebih terarah, fokus dan bertang gungjawab.tutupnya.||| Sahnan Harahap

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 21 Februari 2019 | 11:40:00
Ribuan Nelayan Dilibatkan Bersihkan Laut Belawan
Kamis, 21 Februari 2019 | 00:07:33
Polisi Gerebek Rumah Pengedar Sabu di Medan Labuhan
BERIKAN KOMENTAR
Top