• Home
  • Sumut
  • Wakapolda Sumut Ajak Masyarakat Lestarikan Kebersihan Sungai Deli dan Babura
Selasa, 26 Maret 2019 | 23:23:17

Wakapolda Sumut Ajak Masyarakat Lestarikan Kebersihan Sungai Deli dan Babura

Foto/Ist
Wakapolda Sumut Ajak Masyarakat Lestarikan Kebersihan Sungai Deli dan Babura
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN ||| Wakil kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Wakapolda) Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto membuka kegiatan Festival Sungai Deli 2019, di bantaran kanal sungai Deli Jalan Karya Bersama, Medan Johor, Selasa (26/3/2019) pagi.

 

Kegiatan bertema lingkungan bertajuk Festival Sungai Deli 2019 yang digelar mulai 26-28 Maret ini, melaksanakan beberapa perlombaan diantaranya lomba rakit hias dan rally race rafting championship (R4), serta perebutkan piala bergilir PT PLN Persero, Polda Sumut dan Pangdam I/BB.

 

"Kegiatan - kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pinggiran sungai Deli. Sehingga kemarin pada saat panitia menghadap ke Polda Sumut dan Kodam I/BB bahwa akan melakukan kegiatan perlombaan arung jeram kemudian festival lomba hias," ucap Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto usai pembukaan.

 

Mardiaz juga mengajak seluruh masyarakat kota Medan khususnya yang berada dan tinggal di sepanjang bantaran sungai Deli dan Babura untuk melestarikan dan menjaga kebersihan sungai.

 

"Ini hanya sebagai wahana saja ya. Namun tujuan ke depan bagaimana kita bisa melestarikan sepanjang bantaran sungai Deli ini termasuk sungai Babura. Karena banyak problematika sosial yang ada terjadi disepanjang bantaran sungai ini," ajak Wakapolda.

 

Dikatakan Mardiaz beberapa problematika sosial yang banyak ditemukan di sepanjang bantaran sungai adalah kasus narkoba. Menurut Mardiaz kegiatan seperti ini menjadi salah satu upaya untuk menghindarkan masyarakat agar tidak terpapar dengan penyalahgunaan narkoba.

 

"Antara lain adanya kampung - kampung yang terindikasikan terpapar narkoba kemudian juga ada dampak sosial lainnya. Belum lagi masalah kebersihan," ucap mantan Kapolresta Medan ini.

 

Mardiaz berharap kegiatan festival sungai Deli 2019 tidak hanya sekadar event saja, melainkan juga berdampak positif bagi masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang bantaran sungai. Mardiaz juga menegaskan ke depan akan dilaksanakan kegiatan sosial lainnya, seperti aksi bersih sungai, hingga sosialisasi anti narkoba bagi masyarakat.

 

"Harapan kami selanjutnya adalah kita melanjutkan kegiatan sosial lainnya diantara lain pembersihan di sepanjang sungai Deli, sosialisasi anti narkoba, kemudian bakti sosial dan kesehatan. Kegiatan akan dilakukan oleh TNI dalam hal ini oleh Kodam I/BB beserta jajaran dan Polda Sumut jajaran, dan ASN baik Pemprov maupun pemko Medan," harap Mardiaz.

 

"Harapan kami pelaksanaan ini tidak hanya sekadar perlombaan saja tapi bisa berdampak untuk semua cakupan dan kebersihan sungai bisa terus dilakukan," tambahnya lagi.

 

Sekadar informasi, Festival Sungai Deli 2019 juga diramaikan dengan kegiatan lomba arung jeram, lomba rakit perahu hias, penaburan bibit ikan, aksi bersih sungai, penanaman pohon, dialog publik dan musik akustik. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama semua pihak yakni FAJI Medan, TNI/Polri, BPBD kota Medan.

 

Selain itu didukung juga oleh klub/atlet arung jeram, komunitas peduli anak dan sungai Deli (Kopasude), komunitas Labosude (laskar bocah sungai Deli), PLN Unit Induk Pembangunan Pembangkit Sumatera serta UIK SBU, air putih management, Explore Sumatera,  dan masyarakat sekitar sungai Deli yang ikut ambil bagian.|| Samsidar Saragih

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Sabtu, 24 Agustus 2019 | 00:10:36
Reskrim Polsek Medan Helvetia Tangkap Pelaku Jambret
Sabtu, 24 Agustus 2019 | 00:10:36
Reskrim Polsek Medan Helvetia Tangkap Pelaku Jambret
BERIKAN KOMENTAR
Top