• Home
  • Sumut
  • SD Negeri 078574 Segadulo Beratapkan Rumbia
Sabtu, 7 November 2015 | 14:15:10
* Potret Buram Dunia Pendidikan di Nias Selatan

SD Negeri 078574 Segadulo Beratapkan Rumbia

* Musim Hujan Sekolah Diliburkan
-N.Sihura
Kondisi SD Negeri 078574 Segadulo Kecamatan Hibala Kabupaten Nias Selatan yang sangat miris dan memprihatinkan butuh bantuan Pemerintah

HIBALA--Pemandangan miris dan buramnya potret pendidikan di Nias Selatan tergam bar saat para siswa Sekolah Dasar Negeri 078574 Segadulo Kecamatan Hibala Kabu paten Nia Selatan sedang tekun menuntut ilmu dengan duduk di semen dengan fasilitas sekolah yang hanya beratapkan daun rumbia.

 

Bertahun-tahun para siswa belajar dengan fasilitas sekolah yang sangat jauh dari layaknya sarana tempat menimba ilmu generasi muda bangsa itu. Bahkan tak hanya para siswa saja yang akrab dengan pemandangan sekolah yang mirip "kandang ayam" itu tetapi seorang guru PNS dan beberapa guru tidak tetap (PTT)  juga harus menerima kenyataan mengajar dalam fasilitas sekolah yang bisa disebut tidak pantas sebagai tempat menetaskan generasi muda bangsa harapan Negara itu.

 

Meski hanya memiliki meja namun tidak memiliki bangku untuk duduk belajar, para siswa kelas I sampai kelas 6 yang berjumlah 40 an orang dan terbagi dalam dua ruang kelas  dengan sistim gabungan yakni untuk murdi kelas 1,2 dan 3 dalam satu ruangan sementara untuk kelas 4,5 dan 6 dalam satu ruangan itu terpaksa tekun untuk menimba ilmu demi kelanjutan masa depannya.

 

Salah seorang guru tidak tetap (GTT) kepada aktualonline  Sabtu (7/11) mengatakan, sejak berdirinya sekolah ini hingga sekarang belum pernah diperhatikan pemerintah, baik pembangunan gedung maupun penambahan tenaga guru.

 

Bahkan dikatakan guru tidak tetap tersebut, jika musim penghujan datang para siswa/i terpaksa diliburkan dan harus belajar di rumah karena kalau dipertahankan belajar di se kolah tersebut maka para siswa akan terkena hujan dari atap dan didinding samping se kolah yang juga hanya terbuat dari daun jerami tersebut.

 

Sementara sejumlah warga di desa itu kepada aktualonline mengatakan, mereka tidak punya pilihan lain lagi untuk menyekolahkan anak-anaknya. Daripada mereka tidak ber sekolah lebih baik mereka belajar di sekolah yang tidak layak itu, ujar seorang ibu deng an wajah penuh haru.

 

Potrem buram dunia pendidikan di Nias Selatan ini semoga mendapat perhatian Peme rintah Pusat, Provinsi dan Daerah demi kelangsungan pendidikan dan masa depan para siswa/siswi yang bertahun-tahun menuntut ilmu di SD Negeri 078574 Segadulo Kecamatan Hibala Kabupaten Nias Selatan ini. ---N.Sihura---

 

Editor : Zulkarnaen


BERITA LAINNYA
Senin, 15 Oktober 2018 | 23:17:20
Poldasu Kirim Tim Dokter dan Psikologi ke Madina
Senin, 15 Oktober 2018 | 01:51:58
Pemkab Sergai Peringati Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018
Minggu, 14 Oktober 2018 | 00:33:56
16 Perwira di Polda Sumut Dimutasi
Sabtu, 13 Oktober 2018 | 23:02:43
Kapolres Samosir Pimpin Sertijab Kapolsek Simanindo
BERIKAN KOMENTAR
Top