• Home
  • Sumut
  • Dr.Rustam Berbagi Ilmu Dan Kebaikan Melalui Buku. Lounching Buku Penatalaksanaan Klinis Kelainan Gestrointestinal
Selasa, 10 September 2019 | 13:25:31

Dr.Rustam Berbagi Ilmu Dan Kebaikan Melalui Buku. Lounching Buku Penatalaksanaan Klinis Kelainan Gestrointestinal

Foto/Ist
Dr.Rustam Berbagi Ilmu Dan Kebaikan Melalui Buku. Lounching Buku Penatalaksanaan Klinis Kelainan Gestrointestinal
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN ||| Seratusan dokter ahli dan akademisi hingga profesor dan guru besar menghadiri acara Peluncuran Buku "Penatalaksanaan Klinis Kelainan Gastrointestinal" karya Dr dr Rustam Effendi-YS, SpPD-KGEH di Hotel Le Polonia Medan, Minggu (8/9). Acara itu juga dirangkaikan dengan Simposium Tentang Penyakit Dalam yang dilaksanakan Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Sumut dan Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran USU.


Sejumlah profesor yang berkumpul di acara itu antara lain Prof dr Harun Rasyid Lubis, Prof Dr dr Dadang Makmun, Prof DR Ramsi Lutani, Prof OK Moehad Sjah SpPD-KR dan Prof Dr dr Gontar A Siregar. Sedangkan para dokter spesialis yang hadir di antaranya dr Selly Aman Nasution SpPD-KKV FINASIM FACP yang juga Ketua Pengurus Besar PAPDI, dr Refli Hasan, Dr dr Farhat SpTHT-KL yang juga Sekretaris Rektor USU, Ketua IDI Medan dr Edi Ardiansyah dan Dr dr Blondina Marpaung SpPD-KK dan putrinya dr Jessica Panjaitan.

 

Saking ramainya peserta yang menghadiri acara yang berlangsung dari pagi hingga sore itu membuat gedung pertemuan di hotel itu terlihat membludak hingga ke luar ruangan. Apalagi selain para dokter, banyak juga kalangan dosen maupun mahasiswa kedokteran yang ikut hadir.

 

Dr dr Rustam Effendi-YS, SpPD-KGEH menjelaskan, buku Penatalaksanaan Klinis Kelainan Gastrointestinal yang ditulisnya itu untuk merangkum perkembangan Ilmu Penyakit Dalam. Di buku itu bisa diketahui aspek-aspek penting yang perlu diketahui dokter dalam diagnosisi dan manajemen penyakit gastrointestinal yang diuraikan secara ringkas dan praktis. Aspek-aspek itu dibahas secara lengkap dan holistic mencakup tinjauan dari sisi kegawatdaruratan medik dan bedah.

 

Buku itu juga meng-update perkembangan ilmu terkini mengenai criteria diagnostic dan tata laksana penyakit. "Buku ini perlu dimiliki oleh mahasiswa kedokteran yang sedang menjalani pendidikan profesi, dokter umum dan terutama dokter residen yang sedang menempuh pendidikan spesialis penyakit dalam guna mendapatkan pengetahuan dasar dan lanjut mengenai tata laksana kelainan gastrointestinal dalam praktik klinis," tulis Rustam Effendi di cover belakang bukunya itu.

 

Pada acara peluncuran buku itu Rustam Effendi didampingi isteri dr Choirul Rohmah SpPK dan anak-anaknya dr Imelda Rey MKed CPDI SpPD-KGEH, dr Amido Rey, dr Muhammad Kadafi SpB serta menantu dr Syafrizal Nasution.

 

Kepada para wartawan menurut Rustam, selaku dosen dirinya menganggap buku itu penting untuk perkuliahan penyakit dalam serta aspek hipertensi, ginjal dan jantung.

 

Sebelumnya sejumlah dokter ahli yang senior maupun junior dalam kesan dan pesannya mengapresiasi buku yang ditulis Rustam Effendi yang penting untuk menambah kasanah atau koleksi ilmu kedokteran terutama spesialisasi penyakit dalam.||| Samsidar Saragih

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 16 September 2019 | 00:32:37
Kota Medan Kembali Raih Penghargaan WTN
Senin, 16 September 2019 | 00:00:21
HUT ke I Rey Kafe Meriah Dihadiri Anggota DPRD Kota Medan
BERIKAN KOMENTAR
Top