• Home
  • Sumut
  • Kreatifitas Maena dan Seni Budaya Kota Gunungsitoli Semarakan Sail Nias 2019
Jumat, 13 September 2019 | 21:42:18

Kreatifitas Maena dan Seni Budaya Kota Gunungsitoli Semarakan Sail Nias 2019

aktualonline.com/prediaro zebua
Kreatifitas Maena dan Seni Budaya Kota Gunungsitoli Semarakan Sail Nias 2019
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.GUNUNGSITOLI ||| Dalam rangka menyukseskan kegiatan Sail  Nias 2019, pemerintah kota Gunungsitoli  melalui dinas pariwisata menggelorakan festival maena kolosal dan kreatifitas budaya serta kuliner khas Nias dan Nusantara dari tanggal 11 hingga 13 September 2019 di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli  Sumatera Utara.

 

Ini merupakan event penting dalam memajukan dan mempromosikan kreatifitas seni dan budaya Nias  kepada masyarakat Indonesia dan internasional melalui Sail Nias 2019 ini.

 

Sair Maena yang berjudul "Taehao Gunungsitoli" ciptaan Atofao Telaumbanua S.Pd, selaku kepala bidang budaya pada dinas pariwisata kota Gunungsitoli cukup menginspirasi masyarakat kepulauan Nias dan pengunjung lainya saat disemarakan sebagai ajang festival yang diikuti 18 grup kolosal yang terdiri dari unsur pelajar dan instansi pemerintah.

 

Kegiatan akbar ini secara resmi dibuka Dirjen kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Samsul Widodo, dan dihadiri pejabat teras pemerintah pusat, propinsi serta para undangan manca negara

 

Disamping maena, Berbagai kegiatan kreatifitas kuliner kopi dari penjuru nusantara dan seni penyajiannya, juga ditampilkan di ajang Sail Nias  ini yang di pusatkan di pusat jajanan malam Kota Gunungsitoli.

 

Pada kesempatan itu Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua menyampaikan ucapan selamat datang secara resmi kepada Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Samsul Widodo dan seluruh rombongan yang telah berkenan datang dan hadir dalam Festival Kopi Nusantara dan Kreativitas Seni Budaya Nias di Kota Gunungsitoli.

 

“Kota Gunungsitoli memiliki potensi kekayaan kuliner yang beraneka ragam, termasuk kopi yang khas dan berbeda dari daerah lainnya. Saya menilai bahwa pengembangan potensi kopi nusantara dan menampilkan atraksi budaya dan maena merupakan upaya mempromosikan kekayaan budaya dan kepariwisataan Kepulauan Nias kepada dunia lokal maupun internasional,” kata walikota.

 

Walikota juga menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas dukungan penuh, telah memfasilitasi penyelenggaraan kegitan baik festival maena, Festival Kopi Nusantara  dan berbagai kegiatan Yang diisi dengan atraksi band, layar tancap yang disediakan untuk nonton bareng masyarakat, permainan interaktif,  talkshow dan rangkaian acara lainnya.

 

“Hal ini merupakan upaya-upaya memaksimalkan Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias pada umumnya, sebagai salah satu daerah wisata yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri untuk dipromosikan menjadi destinasi wisata, baik lokal maupun internasional, yang diharapkan dapat memberikan efek positif bagi masyarakat, khususnya percepatan pertumbuhan perekonomian masyarakat, pelaku usaha, pemilik usaha jasa (akomodasi dan perhotelan), perkembangan wisata alam, wisata kuliner dan wisata budaya di Kepulauan Nias,” ungkap dia.

 

Usai pembukaan secara resmi dan pemberian cenderamata, Walikota Gunungsitoli mengajak Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI untuk berkenan meninjau lokasi pelaksanaan festival. Sejenak menikmati sajian kopi dan atraksi.||| P.Zebua

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 24 Mei 2020 | 00:02:36
Bupati Nias Barat Ikuti Vidcon KPK
BERIKAN KOMENTAR
Top