• Home
  • Sumut
  • Tak Miliki Jam Mengajar,Oknum Guru di SMAN-8 Medan Diduga Makan Gaji Buta
Sabtu, 21 September 2019 | 12:46:28

Tak Miliki Jam Mengajar,Oknum Guru di SMAN-8 Medan Diduga Makan Gaji Buta

illustrasi
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN ||| Oknum guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA)-8 Medan berinisial BS diduga “makan gaji buta”.

 

Pasalnya, oknum guru bidang studi Fisika tersebut, sejak bula Juli 2019 lalu hingga saat ini (September 2019) tidak mengajar, karena tidak memiliki jam mengajar di SMAN-8.

 

Oleh karenannya, sejumlah guru yang ditemui wartawan di SMAN-8, Sabtu (21/9) kemarin berharap agar instansi terkait, khususnya  Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara untuk mengambil tindakan.

 

Sumber di SMAN-8 Medan menyebutkan,ketidakadaan jam mengajar oknum guru BS tersebut merupakan hasil rapat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMAN-8, dimana saat diadakan rapat MGMP, oknum BS tidak mau menghadiri rapat tersebut, sehingga rapat MGMP memutuskan jam mengajar bagi BS nol.

 

Guru mata pelajaran Fisika di SMAN-8 sendiri disebut berlebih, sementara jam mengajar di sekolah tersebut untuk bidang studi Fisika sebanyak 63 jam, ditambah lintas minat 9 jam ,sehingga jam mata pelajaran 72 jam, Semua guru pun sudah dapat sertifikasi karena memiliki jam tambahan mengajar di luar SMAN-8.

 

Sumber menambahkan, ketidakadaan jam mengajar oknum guru BS di SMAN-8 sudah dilaporkan pihak sekolah ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, namun hingga saat ini belum ada respon dari instansi terkait. Bahkan Inspektorat Sumut sudah mengeta hui persoalan itu sesuai BAP di lapangan.

 

Sebenarnya tambah sumber, hasil rapat MGMP sudah dimediasi oleh Inspektorat Cabang Dinas Medan Selatan bersama Dinas Pendidikan Sumut, Pengawas SMA dan semua guru bidang studi Fisika di SMAN-8. Namun tidak ada tindakan.

 

“Jadi oknum guru BS tersebut sejak bulan Juli 2019 hingga saat ini tidak ada jam mengajarnya, sehingga boleh dikatakan makan gaji buta. Makanya instansi terkait sudah sepatutnya bertindak agar tidak ada kerugian negara”, kata beberapa guru.

 

*Diduga Bodong

            

Selain tidak memiliki jam mengajar di SMAN-8, oknum BS juga diduga memiliki SK mengajar di salah satu  sekolah swasta di Medan yang SKnya  diduga bodong  (palsu) pada tahun pelajaran 2018/2019. SK ini diduga digunakan untuk memperoleh sertifikasi guru.

 

“Setelah diselidiki dan dipertanyakan kepada kepala sekolah swasta yang memberikan SK pada tahun pelajaran 2018/2019 tersebut , ternyata SK tersebut bodong”, ujar sumber.

BS juga disebut-sebut tidak pernah memberitahukan secara lisan atau tertulis ke pihak SMAN-8 Medan tentang keikutsertaannya mengikuti pelatihan di Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk mendapatkan sertifikasi,  dan Kasek SMAN-8 Medan tidak pernah mengeluarkan surat keterangan untuk mengikuti pelatihan bagi kepentingan BS.

 

Untuk itu, sumber di SMAN-8 Medan berharap instansi terkait, khususnya Dinas Pendidi kan Sumut untuk mengusut  keluarnya surat sertifikasi tersebut. “Apakah seperti itu proses pengambilan sertifikasi”, kata sumber seraya menambahkan saat mengikuti pelatihan di Unimed, oknum BS memiliki jam mengajar 10, sementara sesuai peraturan yang mengikuti pelatihan minimal 24 jam.Dan akibat kekurangan jam mengajar BS, Kasek SMAN-8 Medan sudah dilapor kemana-mana.

 

Terpisah , Kepala Sekolah (Kasek) SMAN-8, JR Panjaitan yang dikonfirmasi wartawan tentang jam mengajar oknum  guru BS di SMAN-8 Medan, membenarkan jika jam mengajar oknum guru BS di SMAN-8 nol dan tidak mengajar sejak bulan Juli 2019 hingga September 2019. Hal ini, kata JR Panjaitan sesuai Keputusan hasil rapat MGMP.

 

Kasek SMN-8 itu juga mengaku sudah menyurati Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara agar diambil inisyatif atau tindakan, namun hingga saat ini belum ada petunjuk dari Dinas Pendidikan Provinsi

Sumatera Utara.

 

Kasek SMAN-8 juga membenarkan tidak pernah memberikan surat keterangan buat BS untuk mengikuti pelatihan di Unimed.||| A.Sir

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 13 Oktober 2019 | 00:22:07
Poldasu Lake Toba Fiesta 2019 di Parapat Sukses
BERIKAN KOMENTAR
Top